KISI – KISI ISBD

KISI – KISI ISBD - Hallo sahabat Sinau Bareng Yuk!, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul KISI – KISI ISBD, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kisi-kisi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : KISI – KISI ISBD
link : KISI – KISI ISBD

Baca juga


KISI – KISI ISBD


1. “Moralitas” memiliki arti tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan perbuatan dan perilaku manusia yang mengandung nilai akhlak dan budi pekerti yang baik.

2. Moral dan Hukum, keberadaan hukum tanpa moralitas tidak akan memberikan arti apa-apa bagi kehidupan manusia. Secara ontologis hukum melahirkan sikap untuk melihat hakikat suatu kesalahan dan sanksi yang di alami oleh seseorang.perbuatan melanggar hukum tidak lagi berarti pelanggaran terhadap masyarakat secara keseluruhan, melainkan kesalahan terhadap norma yang berlaku. Sedangkan, perbuatan yang di anggap tidak bermoral berarti ada pelanggaran terhadap masyarakat , sehingga di pandang bersalah oleh masyarakat secara keseluruhan. Hukum tetap membutuhkan moral, karena pelanggaran terhadap norma hukum yang berlaku mengindikasikan telah terjadi adanya penyimpangan moral.
Meskipun hukum perlu moral, bukan berarti moral tidak perlu hukum. Keberadaan moral tidak ditunjang dengan hukum hanya akan mengambang saja. Untuk itu, keberadaan moral perlu di lembagakan dalam bentuk hukum, sehingga memiliki konsekuensi logis untuk meningkatkan dampak sosial dari moralitas.

3. a. kesedrajatan adalah suatu kondisi dimana dalam perbedaan dan keragaman yang ada manusia tetap memilki satu kedudukan yang sama dan satu tingkatan hierarki.
b. Keragaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat dimana terdapat perbedaan-perbedaan dalam berbagai bidang, terutama sukubangsa dan ras, agama dan keyakinan, ideologi, adat kesopanan, serta situasi ekonomi.

4. “teknologi” dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang menerapkan suatu teori dalam kenyataan yang praktis dan memiliki tujuan tertentu dengan menggunakan suatu peralatan tertentu.

5. Yang dimaksud ilmu sains adalah ilmu yang dapat diuji kebenarannya dan dikembangkan secara bersistem dengan kaidah-kaidah tertentu berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata sehingga pengetahuan yang dipedomani tersebut boleh dipercayai. Menurut KBBI, sains adalah “ilmu yang teratur (sistematik) yang dapat diuji atau dibuktikan kebenarannya, berdasarkan kebenaran atau kenyataan (misal: fisika, kimia, biologi)

6. Unsur-Unsur Keragaman Dalam Masyarakat Indonesia
1. Suku bangsa dan ras
Suku bangsa yang menempati wilayah indonesia dari sabang sampai marauke samgat beraagam sedang kan perbedaan ras muncul karena adanya pengelompokan besar manusia yang memiliki ciri-ciri biologis lahiriah yang sama seperti rambut, warna kulit, ukuran-ukuran tubuh, mata, ukuran kepala dan sebagainya.
2. Agama dan keyakinan
agama mengandung arti ikatan yang harus di pegang dan di patuhi manusia. Ikatan yang dimaksud berasal dari suatu kekuatan yang lebih tinggi dari manusia sebagai kekuatan gaib yang tak dapat di tangkap dengan pancaindra. Namun mempunyai pengaruh yang besar sekali terhadap kehidupan manusia sehari-hari.
3. Ideologi dan politik
Ideoiogi ialah suatu istilah umum bagi sebuah gagasan yang berpengaruh kuat terhadap tingkah laku dalam situasi khusus karena merupakan kaitan antara tindakan dan kepercayaan yang fundamental. Ideologi membantu untuk lebih memperkuat landasan moral bagi sebuah tindakan. Politik mencakup baik konflik antara individu-individu dan kelompok untuk memperoleh kekuasaan, yang digunakan oleh pemenang bagi keuntunganya sendiri atas kerugian dari yang ditaklukkan. Politik juga bermakna usaha untuk menegakkan ketertiban sosial.
4. Tata Krama
Tata krama dibentuk dan dikembangkan oleh masyarakat dan terdiri dari aturan-aturan yang kalau dipatuhi diharapkan akan tercipta interaksi sosial yang tertib dan efektif di dalam masyarakat yang bersangkutan. Indonesia memiliki beragam suku bangsa dimana setiap suku bangsa memiliki adat tersendiri meskipun karena adanya sosialisasi nilai-nilai dan norma secara turun-temurun dan berkesinambungan dari generasi ke generasi menyebabkan suatu masyarakat yang ada dalam suatu suku bangsa yang sama akan memiliki adat dan kesopanan yang relatif sama.
5. Kesenjangan ekonomi
Bagi negara berkembang, perekonomian akan akan menjadi salah satuperhatian yang terus ditingkatkan. Namun umumnya, masyarakat kita berada di golongan tingkat ekonomi menengah kebawah. Hal ini tentu saja menjadi sebuah pemicu adanya kesenjangan yang tak dapat dihindarkan olen bangsa kita.
6. Kesenjangan sosial
Masyarakat indonesia merupakan masyarakat yang majemuk dengan ber macam tingkat, pangkat, dan strata sosial yang heirarkis. Hal ini, dapat terlihat dan dirasakan dengan adanya penggolongan orang yang berdasar kan kasta. Hal inilah yang dapat memecahkan kerukunan masyarakat indonesia.

7. Bidang Informasi dan Komunikasi
Dampak positifnya antara lain :
a. Layanan untuk mengakses berbagai informasi terbaru dan akurat akan lebih cepat di dapat dari bagian bumi manapun,misalnya melalui internet maupun berbagai media elektronik lainnya.
b. Layanan untuk berkomunikasi dengan teman ,maupun keluarga yang sangat jauh jaraknya bisa mudah di lakukan hanya melalui handphone.
Dampak negatif dalam perkembangan teknologi antara lain :
a. Ketika jasa komunikasi di manfaatkan oleh jaringan penipu,atau yang lainnya.
b. Pengunaan informasi dalam situs tertentu di internet ada pula yang disalah gunakan oleh pihak tertentu.
c. Kerahasiaan akan suatu hal yang di anggap penting akan selalu terancam.
d. Munculnya kecemasan terhadap teknologi itu sendiri.


8. Pendidikan
Dampak Positif
a. Sistem pembelajaran menjadi lebih mudah
b. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
c. Sistem layanan menjadi lebih mudah.
Dampak negatif :
a. Kerahasiaan test semakin terancam
b. Munculnya tindak kriminal gaya baru

9. Ekonomi dan Industri
Positif yang dapat di rasakan antara lain:
a. Pertumbuhan ekonomi menjadi semakin tinggi dan meningkat.
b. Terjadi proses industrialisasi yang mempermudah pengolahan.
c. Produktifitas dunia industri semakin meningkat, sehingga memungkinkan pertumbuhan ekonomi juga meningkat.
Negatif, antara lain:
a. Tejadinya pengangguran bagi yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
b. SDM yang rendah serta sarana permodalan yang tidak memadai menjadi masalah sosial tersendiri.

10. Prinsip Seni
Bagi kebanyakan orang , nilai suatu karya seni tidaklah mudah, karena satu orang dengan yang lain mempunyai persepsi dan apresiasi yang berbeda. Secara teoritis suatu keindahan dalam karya seni memiliki prinsip-prinsip dasar untuk pencapaian keindahan, yang antara lain meliputi ciri-ciri sebagai berikut :
a. Adanya kesatuan (unity)
b. Adanya keselarasan (harmoni)
c. Keseimbangan (balance)
e. Irama (ritme)
f. Empasis / empasisi / dominasi


Demikianlah Artikel KISI – KISI ISBD

Sekianlah artikel KISI – KISI ISBD kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel KISI – KISI ISBD dengan alamat link http://soeltonyahmad.blogspot.com/2011/07/kisi-kisi-isbd.html

Subscribe to receive free email updates: