Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Aplikasi Game Berhitung menggunakan Macromedia Flash 8 (Tugas Kelompok Sistem Cerdas)

Hai gaes......
Saya akan berbagi lagi nih, biasa tugas kuliah (tugas kelompok Sistem Cerdas). Kalo temen saya sempat mengunjungi blog ini pasti akan tertawa karena historisnya dalam membuat tugas ini.... hehehehehe
Langsung saja ya gaes gak usah berpanjang lebar....


Dalam game berhitung ini terdapat 13 scene, yaitu :
1. Menu Utama
2. Profil
3. Game
4. Pilih Operasi Perhitungan
5. Perkalian
6. Pembagian
7. Penjumlahan
8. Pengurangan
9. Mantri
10. Etri
11. Ragil
12. Sandal
13. Toni


Keterangan:

1. Menu Utama

 Pada menu utama terdapat 3 tombol, yaitu :
a.    Profil Pembuat
on(release)
{
                           gotoAndStop("profil", 1);
}
b.    Game
on(release)
{
                           gotoAndStop("game", 1);
}
c.    Keluar
on(release){
    fscommand("quit",true);
}


2. Profil

 Dalam profil terdapat 6 tombol, yaitu :
a.    Yuli Sumantri
on(release)
{
                           gotoAndStop("mantri", 1);
}

b.    Etri Jayanto
on(release)
{
                           gotoAndStop("etri", 1);
}
c.    Adhimas Ragil P.
on(release)
{
                           gotoAndStop("ragil", 1);
}
d.   Agus Kurniawan
on(release)
{
                           gotoAndStop("sandal", 1);
}
e.    Ahmad Sultoni
on(release)
{
                           gotoAndStop("toni", 1);
}

f.     Kembali
on(release)
{
                           gotoAndStop("menu utama", 1);
}



3. Game

 Pada menu game terdapat 2 tombol, yaitu :
a.       Play
on(release)
{
                         gotoAndStop("pilih operasi perhitungan", 1);
}
b.      Kembali
on(release)
{
                         gotoAndStop("menu utama", 1);
}



4. Pilih Operasi Perhitungan

 Pada menu ini terdapat 5 tombol, yaitu :
a.       Perkalian
on(release)
{
                                    gotoAndStop("perkalian", 1);
}
b.      Pembagian
on(release)
{
                                    gotoAndStop("pembagian", 1);
}
c.       Penjumlahan
on(release)
{
                                    gotoAndStop("penjumlahan", 1);
}
d.      Pengurangan
on(release)
{
                                    gotoAndStop("pengurangan", 1);
}
e.       Kembali
on(release)
{
                                    gotoAndStop("game", 1);
}



5. Perkalian

 Terdapat 3 tombol, 2 dynamic text dan 1 input text :
a.       Tombol
i.                    Cek
on (release) {
            if (jawaban == angka1*angka2) {
                        respon = "benar";
            } else {
                        respon = "salah";
            }
}

ii.                  Reset
on (release) {
            angka1 = random(10);
            angka2 = random(10);
            jawaban = "";
            respon = "";
}

iii.                Home
on(release)
{
                                    gotoAndStop("pilih operasi perhitungan", 1);
}

b.      Dynamic text
i.                    Angka1
ii.                  Angka2

c.       Input text
Tempat menginputkan angka



6. Pembagian

 Terdapat 3 tombol, 2 dynamic text dan 1 input text :
a.       Tombol
i.                    Cek
on (release) {
            if (jawaban == angka1/angka2) {
                        respon = "benar";
            } else {
                        respon = "salah";
            }
}

ii.                  Reset
on (release) {
            angka1 = random(10);
            angka2 = random(10);
            jawaban = "";
            respon = "";
}

iii.                Home
on(release)
{
                                    gotoAndStop("pilih operasi perhitungan", 1);
}

b.      Dynamic text
i.                    Angka1
ii.                  Angka2

c.       Input text
Tempat menginputkan angka


7. Penjumlahan

 Terdapat 3 tombol, 2 dynamic text dan 1 input text :
a.       Tombol
i.                    Cek
on (release) {
            if (jawaban == angka1+angka2) {
                        respon = "benar";
            } else {
                        respon = "salah";
            }
}

ii.                  Reset
on (release) {
            angka1 = random(10);
            angka2 = random(10);
            jawaban = "";
            respon = "";
}

iii.                Home
on(release)
{
                                    gotoAndStop("pilih operasi perhitungan", 1);
}

b.      Dynamic text
i.                    Angka1
ii.                  Angka2

c.       Input text
Tempat menginputkan angka


8. Pengurangan

 Terdapat 3 tombol, 2 dynamic text dan 1 input text :
a.       Tombol
i.                    Cek
on (release) {
            if (jawaban == angka1-angka2) {
                        respon = "benar";
            } else {
                        respon = "salah";
            }
}

ii.                  Reset
on (release) {
            angka1 = random(10);
            angka2 = random(10);
            jawaban = "";
            respon = "";
}

iii.                Home
on(release)
{
                                    gotoAndStop("pilih operasi perhitungan", 1);
}

b.      Dynamic text
i.                    Angka1
ii.                  Angka2

c.       Input text
Tempat menginputkan angka


9. Matri

 Terdapat profil Yuli Sumantri dan tombol kembali
on(release)
{
                              gotoAndStop("profil", 1);
}


10. Etri

 Terdapat profil Etri jayanto dan tombol kembali
on(release)
{
                              gotoAndStop("profil", 1);
}


11. Ragil

 Terdapat profil Adhimas Ragil P. dan tombol kembali
on(release)
{
                              gotoAndStop("profil", 1);
}


12. Sandal

 Terdapat profil Agus Kurniawan. dan tombol kembali
on(release)
{
                              gotoAndStop("profil", 1);
}


13. Toni

Terdapat profil Ahmad Sultoni. dan tombol kembali
on(release)
{
                              gotoAndStop("profil", 1);
}



**/NB : pada menu "Pembagian" masih kacau gaes... mohon dimaklumi.... hehehehe